Selasa, 14 Desember 2010

EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN


EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN
“Contoh Rancangan Evaluasi Program
Pemprosesan”



  

Achmad Waris
071024002


TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2010





Contoh  Rancangan Evaluasi Program
1.      Program Pemprosesan
a.      Judul Kegiatan
Evaluasi program Pelatihan Pengembangan Media Power Point untuk meningkat motivasi siswa
b.      Alasan Dilaksanakan Evaluasi
Program kegiatan ini dilaksanakan karena adanya penurunan motivasi belajar siswa sehingga perlu adanya evaluasi program
c.       Tujuan
Tujuan umum
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang terkait dengan Pelatihan Pengembangan Media Power Point yang diterapkan di SMKN 2 Blitar
Tujuan Khusus
-          Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pengembangan media power point
d.      Pertanyaan Evaluasi
Dengan pengembangan apa yang diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa?
e.      Metodologi yang digunakan
Tabel  1.1
No
Metodologi yang digunakan
1
Pendekatan Penelitihan

2
Subyek Penelitihan
Siswa kelas XII SMKN 2 Blitar
3
Jenis penelitihan
Peserta mampu membuat media power point dan menggunakannya untuk pembelajaran
4
Variable penelitihan
1)      Variabel bebas adalah yang memberikan pengaruh kepada variabel lainnya. Dalam hal ini yang menjadi variabel bebasnya adalah Pengembangan media power point karena dengan Pengembangan media power point akan mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran di SMKN 2 Blitar
2)      Variabel terikat akibat dari variabel bebas yang keadaanya tergantung pada variabel bebas dan variabel lain. Dalam hal ini adalah varibel hasil belajar pada mata pelajaran
5
Metode Pengumpulan data
1.      Wawancara
2.      Angket
3.      observasi
4.      Praktek
6
Tehnik Analisis data
Analisis data kuantitatif dengan tehnik analisis statistik nonparametrik, yaitu dengan menggunakan analisis Tes Ranking Bertanda Wilcoxon untuk data berpasangan (Wilcoxon Match Pair-Test).
Wilcoxon Match Pair-Test digunakan untuk menguji signifikasi hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi bila datanya berbentuk ordinal (berjenjang).

f.        Prosedur kerja dan langkah-langkah Kegiatan
Tabel 1.2 Rencana Evaluasi program
No
Jenis kegiatan
Oktober
November
Desember
Januari
Ket.

1

Persiapan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


















2
Penyiapan Instrumen

















3
Pengumpulan Data

















4
Analisis data

















5
Pengadaan dan penyerahan laporan


















Program ini sangat cocok dengan Model Tyler, karena program evaluasi diatas hanya melihat hasil akhir nya saja tanpa melihat prosesnya.
Orientasinya adalah membandingkan hasil belajar siswa pd akhir program dgn tujuan (TIK), yg telah ditentukan sebelumnya.
Adapun kelebihan dan kelemahan Model Tyler antara lain sebagai berikut:
Kelebihan
a.         Obyektif, krn membandingkan keberhasilan dgn tujuan yg telah ditentukan sebelumnya (TIK)
b. Mudah dilaksanakan guru
Kelemahan
a.         Program dipandang secara sederhana. Banyak hal-hal yg tidak dapat tercakup dalam TIK
b.         Lebih berorientasi pd hasil akhir (kesalahan di tengah jalan terabaikan).

Tujuannya Evaluasi program ini untuk Mengukur keberhasilan suatu program (di samping dlm hasil juga diukur dari segi waktu, kelancaran, dana, tenaga, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar