Selasa, 14 Desember 2010

Tripusat Pendidikan


Keluarga
Keluarga merupakan pengelompokan primer sejumlah kecil orang karena
hubungan semenda dan sedarah. Perkembangan kebudayaan dan aspirasi individu maupun masyarakatnya menyebabkan peran keluarga terhadap anak-anaknya mengalami perubahan.
Fungsi dan peranan keluarga (di samping pemerintah dan masyarakat) dalam SISDIKNAS Indonesia tidak terbatas hanya pada pendidikan keluarga saja, tetapi keluarga juga ikut serta bertanggung jawab terhadap pendidikan lainnya. Keikutsertaan keluarga itu meliputi tahap perencanaan pemantauan dalam pelaksanaan, maupun dalam evaluasi dan perkembangan.

Sekolah
Diantara tripusat pendidikan , sekolah merupakan sarana yang sengaja dirancang untuk melaksanakan pendidikan. Sekaolah seharusnya menjadi menjadi pusat pendidikan untuk menyiapkan manusia Indonesia sebagai individu warga masyarakat, warga negara dan warga dunia pada masa depan. Sekolah sebagai pusat pendidikan adalah sekolah yang mencerminkan masyarakat yang maju karena pemanfaatan secara optimal ilmu pengtahuan dan teknologi, tetapi tetap berpijak pada ciri keindonesiaan.
Suatu alternatif yang mungkin dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah antara lain:
• Pengajaran yang mendidik
• Peningkatan dan pemantapan pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan.
• Pengembang perpuatakaan sekolah menjadi suatu pusat sumber belajar (PSB).
• Peningkatan dan pemantapan program pengelolaan sekolah, khususnya yang terkait dengan peserta didik.

Masyarakat
Kaitan masyarakat dan pendidikan dapat ditinjau dari 3 segi, yakni
- Masyarakat sebagai penyelenggara pendidikan.
- Lembaga-lembaga kemasyarakatan dan atau kelompok sosial di masyarakat, baik langsung maupun tidak, ikut mempunyai peran dan fungsi edukatif.
- Dalam masyarakat tersedia berbagai sumber belajar.

Fungsi masyarakat sebagai pusat pendidikan sangat tergantung pada taraf perkembangan dari masyarakat beserta sumber-sumber belajar yang tersedia di dalamnya.
Media massa merupakan salah satu factor dalam lingkungan masyarakat yang makin penting peranannya. Pada umumnya media massa mempunyai 3 fungsi yakni informasi, edukasi, dan rekreasi. Media massa juga memiliki 3 macam pengaruh yakni pengaruh sosialisasi dalam arti luas, pengaruh khusus dalam jangka pendek dan memberikan pendidikan dalam pengertian yanag lebih formal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar